Kamis, 26 Juni 2014

Teknologi Perbankan

ELECTRONIC FUNDS TRANSFER (EFT)
Yang termasuk Jasa EFT :
1. Automated Teller Machine (ATM)
2. Kartu Plastik
3. Jasa Point Of Sale (POS)
4. Internet Banking
5. Mobile Banking (SMS Banking, Phone Banking)

AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM)
Pengertian ATM menurut Allen H. Lipis dalam bukunya perbankan Elektronik (1992 : 8)
adalah :
Alat kasir otomatis tanpa orang, ditempatkan di dalam atau di luar perkarangan bank, yang
sanggup untuk mengeluarkan uang tunai dan menangani transaksi-transaksi perbankan
yang rutin.
Automatic Teller Machine di Indonesia juga dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri

Jenis ATM (Fisik)
Pada umumnya ATM dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
1. Menempel pada dinding.
2. Berdiri sendiri dalam satu kesatuan.
a. On Premise ATM.
Yaitu mesin ATM yang berada pada gedung yang sama dengan bank yang
bersangkutan
b. Off Premise ATM
Yaitu mesin ATM yang berada di luar gedung bank yang bersangkutan atau di
tempat-tempat umum

Jenis ATM (Transaksi)
Jenis-Jenis ATM (Menurut BCA)
1. ATM BCA Multifungsi
berbagai Transaksi perbankan
2. ATM BCA Tarik Tunai
3. ATM BCA Non-Tunai
4. ATM BCA Setoran Tunai

Sistem Pengoperasian ATM
1. Pengoperasian secara off-line
Mesin ATM tersebut tidak dihubungkan dengan komputer sentral tetapi mesin tersebut
beroperasi tersendiri
2. Pengoperasian secara on-line.
pengoperasian mesin ATM yang membutuhkan saluran komunikasi dan komputer
sentral yang beroperasi secara 24 jam terus-menerus.
3. Pengoperasian ATM Bersama.



Penyedia ATM
Ada 2 strategi ATM :
1. Jaringan kerja milik sendiri
Bank membeli / menyewa ATM, membeli software / membuat, memasang sistem,
memasarkan dan mengeluarkan kartu disain yang dilakukan sendiri
2. Jaringan kerja ATM berbagi
ATM dimiliki dan dioperasikan oleh lembaga keuangan lain
Joint-ventura
Pihak ketiga

Keunggulan ATM
Keunggulan adanya ATM bagi nasabah dan Bank :
1. Menghemat waktu
2. Mudah dijangkau
3. Biaya relatif murah

KARTU PLASTIK
Kartu plastik merupakan alat berbentuk plastik yang diterbitkan oleh suatu lembaga
keuangan dan dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi keuangan
Dalam sistem kerja bank card terlihat ada 3 pihak yang terlibat dalam prosesnya, yaitu:
Bank sebagai penerbit dan pembayar (issuer)
Pedagang (merchant), sebagai tempat belanja
Pemegang kartu (card holder), sebagai yang berhak melakukan transaksi.
Terkadang dalam mengelola kartu plastik, pihak bank menyerahkan kegiatan
operasionalnya pada pihak Acquirer (Pengelola)

Jenis kartu Plastik
Jenis kartu plastik yang dikeluarkan bank, biasa disebut bank card memiliki keunggulan
dan kekurangan.
Charge card,
Credit card,
Debit card,
Smart card,
Private label card,



E-Banking
E-banking adalah salah satu sektor yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah perbankan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sektor perbankan nasional relatif lebih maju dibandingkan sektor lainnya. Perbankan elektronik mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Beberapa diantaranya terkait dengan layanan perbankan di “garis depan”, seperti ATM dan komputerisiasi (sistem) perbankan, dan beberapa kelompok lainnya bersifat “garis belakang”, yaitu teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan, ‘merchant, atau penyedia jasa transaksi.

contoh layanan E banking :

- Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine)
- Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System)
- Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata (Real-Time Gross Settlement System)
- Perbankan Daring (Internet Banking)
- Sistem Kliring Elektronik

Mobile Banking
Mobile banking pada umunya disebut M-Banking yang merupakan sebuah sistem layanan dari sebuah lembaga keuangan seperti Bank untuk melakukan sejumlah transaksi keuangan yang dapat diakses langsung oleh nasabah melalui perangkat mobile seperti telepon seluler. Fasilitas mobile banking adalah sebuah fasilitas dari bank dalam era modern ini yang mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi. Fasilitas mobile banking ini merupakan fasilitas dalam komunikasi yang bergerak dan diakses melalui telepon selular berbasis GSM.

M-Banking digunakan dengan menu yang sudah tersedia di SIM Card yang saat ini menggunakan media Short Message Service. Dalam telepon seluler, kemampuannya mampu bergerak (hal ini disebut dengan mobile) tanpa batas ruang dan waktu, juga memungkinkan manusia untuk berjalan dengan aktivitas yang sedang dijalankan seperti yang diungkapkan oleh Sunarto. Telepon seluler bekerja dengan cara menerima sinyal elektromagnetik dari sebuah pemancar. Pemancar telepon seluler disebut dengan Base Transceiver Station . BTS biasanya diletakan pada tempat tertentu dengan cara irisan-irisan daerah yang disebut cell dan ditandai dengan antena yang dipasang pada daerah tersebut. Jika salah seorang sedang ada yang melakukan perjalanan jarak jauh maka ponsel mereka akan menerima sinyal dari satu BTS ke BTS lainya. Teknologi pada telepon seluler yang digunakan saat ini menggunakan GSM dan CDMA.

Perbedaan antara GSM dan CDMA terletak pada bagaimana suara yang dikirimkan dari pengirim ke penerima. Sistem kerja dari jaringan GSM (Global System for Mobile Communications) bekerja dengan mengompresi suara yang masuk ke jaringan GSM ke dalam format digital sehingga mempunyai jaringan yang terkadang bersifat kecil untuk ditangkap dari sebuah telepon seluler jika sedang berada di tempat yang terpencil Setiap pengguna GSM memiliki sebuah SIM Card (Subscriber Identity Module) untuk mendapatkan layanan dari operator GSM.

contoh layanan M banking :

- Transfer dana
- Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar
- Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
- Pembelian (pulsa isi ulang, saham)

SMS Banking
SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.

contoh layanan sms banking :

- Transfer Uang/Dana
- Cek Saldo Rekening Tabungan
- Informasi Tagihan, Transaksi
- Pembayaran atas Pembelian
- Ganti PIN, dan lain lain

Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan istilah sms banking.Untuk operator GSM sudah support untuk transaksi via mobile banking namun untuk operator CDMA masih ada yang belum mendukung layanan mobile banking.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Elektronik_Perbankan_M-Banking
http://kemastaufik.blogspot.com/2013/04/pengertian-e-banking-sms-banking-dan- viyan.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../4_TEKNOLOGI-PERBANKAN.p
...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar